Hey temans kali ini saya mau menuliskan sedikit sedikit gambaran umum mengenai mechancical engine trouble shooting,langsung saja ya kawans.
Troubleshoting Index memberikan
gambaran masalah-masalah yang sering terjadi pada engine. Untuk
memperbaiki masalah-masalah tersebut gunakan referensi penyebab dan perbaikan
sesuai dengan urutan pada halaman berikutnya.
Daftar
masalah, penyebab dan perbaikan hanya memberikan indikasi dimana masalah
tersebut terjadi dan perbaikan apa yang perlu dilakukan. Umumnya masih ada
perbaikan-perbaikan lain yang dilakukan diluar data di bawah ini.
Ingat
bahwa umumnya masalah tidak disebabkan oleh hanya satu komponen, tetapi saling
terkait antara komponen yang satu dengan komponen yang lainya.
Troubleshooting
ini hanya digunakan sebagai petunjuk dan tidak memberikan semua masalah-masalah
yang mungkin terjadi dan perbaikanya.
Seorang serviceman harus menemukan
masalah dan sumbernya, kemudian melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
- Berbicara langsung dengan operator, bila memungkinkan.
- Gejala apa yang timbul ?
- Kapan gejala-gejala tersebut mulai timbul ?
- Pada kondisi bagaimana maslah-masalah tersebut terjadi ?
- Perbaikan-perbaikan apa saja yang pernah dilakukan?
- Apa yang telah terjadi dan pada saat engine bagaimana (lebih spesifik) ?
- Apakah performance engine sesuai dengan spesifikasinya? Refer ke System Testing and Adjusting & Specification.
- Apakah masalah tersebut disebabkan oleh System di engine.
- Mungkinkah masalahnya berulang-ulang pada kondisi yang sama.
- Perbaiki masalah-masalah tersebut dari yang paling sederhana ke yang lebih komplek.
- Analisa bagian system yang menyebabkan masalah.
- Lakukan perbaikan yang dianjurkan service manual.
- Gunakan informasi dari operator sebagai pertimbangan menentukan masalah.
- Bila gejalanya lebih dari satu, penyebab apa yang sering terjadi ?
- Tes kemungkinan penyebab yang serupa.
- Lakukan pemeriksaan secara visual.
- Gunakan prosedur yang ada pada manual ini.
- Periksa hubungan secara mechanical dari rod, lever dll
Mechanical Engine Troubleshooting
Problem 1 : Engine tidak bisa berputar ketika Start Switch pada posisi Start
Kemungkinan
penyebabnya:
1.
Voltage
battery terlalu rendah.
Periksa kondisi battery , charge
battery atau ganti battery jika perlu.
2.
Kabel atau swich rusak.
Perbaiki semua kabel dan switch yang
rusak, bila tidak memungkinkan untuk diperbaiki ganti dengan yang baru.
3.
Solenoid
motor starter rusak.
Ganti
dengan solenoid yang baru.
4.
Motor
Starter rusak
Perbaiki starter motor atau ganti
bila perlu.
5.
Problem
dibagian dalam Engine yang menyebabkan Crankshaft tidak bias berputar
Bila crankshaft tidak bisa diputar
setelah pemutarnya di lepas (motor starternya di lepas), buka Nozzle dan
periksa bila ada cairan dalam cylinder sambil crankshaft nya diputar (mengecek
kemungkinan hydraulic lock).
Bila tidak ada cairan dalam cylinder
maka engine perlu dibongkar ulang, kemudian periksa kemungkinan bearing rusak,
piston rusak, atau valve menyentuh piston.
Problem 2 : Engine tidak bisa di Start
Kemungkinan penyebabnya:
1.
Kecepatan
putar pada saat cranking rendah
Voltage battery terlalu rendah.
Brush motor starter sudah aus.
2.
Tidak
ada bahan bakar di housing fuel injection pump.
Isi bahan bakar di housing fuel injection
pump dengan menggunakan priming pump, buang udara dengan menggunakan bleed
valve.
3.
Fuel
Filter kotor
Ganti
dengan fuel filter yang baru.
4.
Saluran
bahan bakar rusak atau kotor
Bersihkan
semua saluran yang kotor dan ganti yang rusak denagan yang baru.
5. Tidak
ada bahan bakar yang disemprotkan kedalam cylinder
Isi
bahan bakar kedalam tangki, keluarkan udara dan keluarkan bahan bakar yang
kwalitasnya rendah dari dalam system.
6.
Kwalitas
bahan bakar yang rendah atau bahan bakar bercampur dengan air
Periksa kwalitas bahan bakar.
7.
Fuel
Injection Timing tidak benar
Adjustment timing
8.
Over
Fueling Spring tidak terpasang
Pasang Over Fueling Spring.
Problem 3 : Misfiring atau Engine suaranya pincang
Kemungkinan
penyebabnya :
1. Ada
udara didalam fuel system
Cari
kebocoran udara di dalam fuel system dan betulkan.
Keluarkan
udara dari dalam fuel system dengan cara membleeding.
2.
Tekanan
bahan bakar yang rendah
Yakinkan ada bahan bakar di dalam
tangki. Cari kebocoran-kebocoran atau kerusakan-kerusakan pada
saluran bahan bakar antara tangki dan fuel transfer pump. Periksa tekanan fuel
pada Fuel Injection Housing, bila tekanan bahan bakar pada saat High Idle lebih
rendah dari 105 kPa (15 psi ) maka element pada fuel filter harus diganti. Jika
masih rendah juga, periksa pumping spring dan valve pada Fuel tranfer pump.
3. Adanya
kebocoran dan kerusakan pada saluran bahan bakar antara Injection Pump dan Fuel
Injection Nozzle
Pasang fuel line yang baru.
4.
Kerusakan
pada nozzle atau Injection pump
Engine di running pada rpm yang
memungkinkan sehingga misfiring atau ketidak seimbangan suara engine bisa
dirasakan. Kemudian kendorkan nut pada fuel line yang mengikat nozzle satu demi
satu sambil mendengarkan perubahan suara engine. Cari cylinder yang pada saat nut
nya dikendorkan tidak berubah suara engine nya maka disitu penyebab ketidak
halusan suara engine. Test Injection pump dan nozzle untuk cylinder tsb. Pasang
komponen yang baru bila diperlukan.
5.
Waktu
penyemprotan bahan bakat tidak tepat
Diperlukan Adjustment timing.
6.
Salah
dalam melakukan Valve Lash
Adjustment Valve Lash ulang dan lihat
di Subject Valve Lash di Testing and Adjusting.
7.
Push
Rod bengkok atau rusak
Ganti
push rod bila diperlukan.
8. Kerusakan
pada Valve Seat atau permukaan dari Valve
Rekondisi Cylinder Head bila
diperlukan.
Problem 4 : Engine mengalami stall pada rpm rendah
Kemungkinan
penyebabnya :
1.
Low
Idle rpm terlalu rendah
Lakukan penyetelan pada governor
sehingga low idle rpm mencapai specifikasi yang ada pada TMI ( Technical
Marketing Information ) atau fuel seting pada microfice.
2.
Kerusakan
pada fuel injection nozzle atau fuel injection pump
Running engine pada kondisi maximum
misfiring atau running dengan kasar. Setelah itu kendorkan nut pada fuel line
di injection pump untuk setiap cylinder satu per satu. Tentukan cylinder mana
yang apabila dikendorkan fuel line nya tidak berpengaruh terhadap suara engine.
Test fuel injection pump dan nozzle pada cylinder tsb.
Problem 5 : Perubahan Engine speed secara tiba-tiba
Kemungkinan
Penyebabnya :
1.
Kerusakan
dari governor atau fuel injection pump
Cari kerusakan pada spring lingkage
atau komponen lain. Lepas engine governor, periksa kebebasan gerak pada fuel
rack. Yakinkan bahwa fuel injection pump terpasang dengan betul, periksa
pemasangan governor spring.
To Be Continued................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar